Loading...
English EN Indonesian ID
Adventure

Catatan Perjalanan Studi Lapangan di Jawa Timur Dan Bali

Oleh : Yesaya Nugraha

Sekolah Menengah Pertama Kristen Satya Wacana merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di Salatiga – Jawa Tengah, berada di lingkungan kampus Universitas Kristen Satya Wacana, menggunakan agama Kristen sebagai pegangan utama pendidikan agamanya. Dengan visi  unggul dalam layanan, santun dalam sikap, atas dasar Iman dan Kasih menuju Sekolah Berkualitas Internasional.

Aku siswa kelas VIII di sekolah ini, ada program live in dan studi lapangan yang wajib diikuti oleh setiap siswa, diselenggarakan minimal masing-masing satu kali selama siswa belajar di Sekolah Menengah Pertama.

Tujuan pembelajaran dalam kegiatan live in dan studi lapangan adalah agar peserta didik dapat meningkatkan kepekaan sosial terhadap lingkungan hidup, termasuk didalamnya lingkungan fisik dan sosial budaya.

Live in telah dilaksanakan saat aku duduk di bangku kelas VII yang lalu, dengan kegiatan di Dusun Cuntel, Kopeng, Kabupaten Semarang – Jawa Tengah, yang terletak di lereng gunung Merbabu yang berhawa dingin dengan  mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan peternak hewan peliharaan. Aku dan teman-teman sekolah menginap selama 2 hari dirumah-rumah warga desa untuk turut serta membantu kegiatan-kegiatan warga desa.

Sementara di kelas VIII kegiatan diluar sekolah yang dilakukan adalah studi lapangan, hasil dari studi lapangan nantinya akan dilaporkan secara tertulis berdasarkan hasil pengamatan di obyek studi dalam bentuk laporan yang baku. Untuk menjaga kualitas kegiatan ini maka diadakan penilaian terhadap laporan tertulis maupun penilaian secara lisan bagi peserta studi lapangan,

Perjalanan studi lapangan tahun pelajaran 2017/2018 kali ini menuju ke lokasi yang tersebar di Propinsi Jawa Timur dan Bali, diikuti oleh pelajar kelas VIII yang berjumlah 68 siswa dan 7 guru sekolah sebagai pendamping.

Kegiatannya meliputi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa dan Seni dengan objek di Jawa Timur yaitu Jatim Park 2, Museum Satwa, Selekta, sementara di Bali yakni Desa Adat Panglipuran, Tanah Lot, Istana Tampak Siring, Pasar Seni Sukawati, Joger, Tari Barong, Bedugul, Pura Uluwatu, Krisna.

“Nilai dari studi lapangan nantinya  menjadi salah satu komponen nilai ulangan harian pada mata pelajaran Biologi, Fisika, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Kesenian, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris,” ujar Patrick M.R, S.Si, Penanggung Jawab Program Studi Lapangan dan Wakil Kepala SMP Kristen Satya Wacana.

Tepat pukul 20.00 wib rombongan kami meninggalkan Salatiga, Jawa Tengah menuju Kota Batu, Malang – Jawa Timur dengan menggunakan 2 bus.  Perjalanan malam dan panjang hampir 300 km yang ditempuh selama 8 jam membuat kami semua terlelap didalam bus, ketika terbangun hari sudah menunjukan pukul 04.00 pagi dan kami telah sampai di tempat tujuan pertama kami, yaitu Taman Bunga Selecta, Kota Batu, Malang – Jawa Timur.  (Bersambung…)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's Choice