Loading...
English EN Indonesian ID
Adventure

Studi Lapangan ( Bagian 4 ) di Pasar Seni Sukawati, dan Joger

Oleh : Yesaya Nugraha —

Hari kedua kami melakukan studi lapangan di Bali tentang pelajaran ekonomi, tempat yang kami kunjungi adalah pasar. Pasar merupakan sarana yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi, dalam ilmu ekonomi terdapat berbagai jenis pasar yang dikelompokkan berdasarkan berbagai macam sudut pandang.

Tujuan kami yang pertama adalah Pasar Seni Sukawati, yang terletak di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar, pasar ini sangat mudah dijangkau karena posisinya berada tepat dipinggir jalan raya yang merupakan akses jalan Denpasar – Gianyar.

  Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati merupakan pasar seni tradisional terbesar, terlengkap dan terpopuler yang ada di Bali. Sebagian besar wisatawan yang berlibur ke Bali pasti akan menyempatkan diri untuk berkunjung kesini. Pasar ini sangat terkenal karena menjual pakaian-pakaian tradisional khas bali dan berbagai jenis karya seni seperti patung, lukisan dengan harga yang sangat terjangkau. Harga barang-barang yang dijual di pasar ini masih bisa ditawar.

Dari Pasar Seni Sukawati kami mengunjungi Joger untuk melanjutkan studi lapangan. Joger merupakan tempat belanja di Bali yang sudah terkenal sejak lama dengan kreatifitas kalimat kata-kata  yang unik dan lucu.

Joger Bali ini berada di jalan raya Kuta dan tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai, selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal yang rela berdesak-desakkan untuk membeli beragam oleh-oleh khas Bali seperti baju kaos, gantungan kunci, sandal, dan barang kerajinan lainnya.

Kata Joger diambil dari gabungan nama sang pemilik yaitu Joseph Theodorus Wulianadi dan sahabatnya Gerhard Seeger, berdiri sejak 19 januari 1981.

Jika pasar seni sukawati masuk dalam jenis pasar tradisional, maka joger sudah termasuk ke dalam jenis pasar modern. Joger Bali sudah menerapkan sistem keamanan yang ketat, rombongan kami dan segala barang dibawa harus melewati pemeriksaan petugas keamanan dengan memakai alat metal detector dan juga mesin x ray.

“Saat berkunjung di kedua tempat perbelanjaan ini, siswa diminta untuk memberi penjelasan mengapa harga barang yang dijual di Joger lebih mahal dibandingkan di Pasar Seni Sukawati, kemudian mendeskripsikan beberapa perbedaan antara kedua tempat perbelanjaan tersebut,” ujar Asih Nuryani, S.Pd, Guru Pembimbing SMP Kristen Satya Wacana.

Mumpung berada di tempat perbelanjaan terkenal seperti di Joger Bali ini, tidak lupa aku sekedar membeli sandal untuk kupakai sehari-hari sebagai kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's Choice