FPPI Sekolah Pertama Bagi Generasi Penerus Bangsa

Bagian  >1  >2 

“Perempuan adalah sekolah pertama bagi generasi penerus bangsa. Demikian strategisnya peran perempuan.”

Hal itu dikatakan Ir Tuty Kusumawati, Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, saat menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) 6 Wilayah Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI), Prov DKI Jakarta, masa bakti 2019-2024, di Aula Balai Kota Jakarta, 28 Agustus 2019. Tuty Kusumawati hadir , mewakili Gubernur Anis Baswedan.

Tuty Kusumawati mengungkap, sepanjang tahun 2006 – 2008, kekerasan yang dilaporkan pada PPAPP adalah 70 % kekerasan terhadap perempuan, 30 % terhadap anak.

“Pelaku kekerasan tersebut tak lain orang yang mengijabkabulkan para perempuan ini, 96% dilakukan suami. Dan laporan terakhir, ada 1700-1800 kekerasan, 52 % terhadap anak dan 48 % terhadap perempuan. Fenomena yang sangat mengenaskan, kekerasan pada anak lelaki naik 30 %, dan ini menyangkut kekerasan seksual,”ujar Tuty Kusumawati lagi.


Video: Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Perempuan Indonesia, sampai saat ini masih menghadapi kendala berupa bias gender, di dalam berbagai faktor kehidupan. Diskriminasi terhadap perempuan dalam hal akses dan kontrol atas sumber daya, kesempatan, status, hak, peran dan penghargaan, marginalisasi atau peminggiran, subordinasi atau penomorduaan, pelebelan negatif dan sejenisnya. Hal itulah yang melatarbelakangi lahirnya FPPI.

“Organisasi FPPI ini  merupakan sebuah organisasi sosial, yang mencakup berbagai sektor dan menyikapi secara bijak permasalahan masyarakat. Dimana kita semua tak bisa diam, duduk manis dan tidur, sementara melihat kondisi sosial dengan segala ketimpangan, kemiskinan,pendidikan yang kurang, hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas, serta wawasan masyarakat yang tumbuh ala menghadapi era globalisasi ini. Maka itu kita harus bangkit, maju, berjuang, serta mengambil peran sebagai alat sosial yang berpihak pada kebenaran dan membela masyarakat.Kami FPPI Prov DKI Jakarta siap menjadi garda terdepan untuk pencapaian program-program yang bisa dikolaborasikan dengan Pemprov DKI Jakarta,” ujar Ketua DPD FPPI Prov DKI Jakarta, Hj. Lisdawaty M Permana S.E, dalam sambutannya pada acara di Balai Kota DKI Jakarta itu.

Hadir dalam acara itu  Direktur My TV  Airin, Ketua Harian DPP FPPI, Hj Andi Idha, Kepala Bakesbangpol Prov DKI Jakarta , Drs Taufan Bakri MSi. Kepala Sub Bidang Pendidikan Budaya politik, Handoko Murhestriarso, Pelindung UKM  DR Mooeryati Sudibyo diwakili Indah Riyanti, DR Charleti Choesyana, bidang hukum Kowani, Kasub direktorat Informasi Perekonomian II : Rosmiati <<

Bagian  >1  >2 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *