Loading...
English EN Indonesian ID
Borneo Bliss

Dayak Tiga Negara Bersatu (1)

Long House Of Borneo Indigenious People

Oleh : Lumbis/ Christina LomonLyons

Pulau Kalimantan atau Borneo itu, layaknya primadona. Ada 3 negara berdiri gagah di paru-paru dunia itu, Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. Meski terpisah pada 3 negara yang berbeda, suku Dayak, penduduk asli Borneo memiliki sebuah paguyuban pemersatu. Organisasi Borneo Dayak Forum International (BDFI), namanya.

“BDFI adalah organisasi bangsa Dayak di pulau Borneo, yang meliputi tiga negara, dan didirikan/ditubuhkan pada 18 Oktober 2010, di Hotel Ben View, Kuching, Sarawak Malaysia.  Tujuan utama BDF Internasional adalah memperkuat identitas dan eksistensi peradaban Bangsa Dayak di dunia, dengan mengupayakan keterwakilan Bangsa Dayak di PBB. Sebagaimana pengakuan dunia terhadap Bangsa Indian di Amerika dan Aborigin di Australia,”ujar Lumbis, S.Sos, tokoh pemuda Dayak Kalimantan Utara pada Dayakdreams.com.

BDF International diibaratkan Long House of Borneo Indigenious People (rumah panjang Dayak Borneo), yang didalamnya terdapat beberapa “kamar” negara dimana bernaung suku Dayak dalam satu “atap rumah” panjang yang disebut Borneo. Selain itu, BDF Internasional juga sebagai wadah pergaulan Internasional Dayak, dan meningkatkan solidaritas sesama Dayak di Borneo saling berintaksi satu sama yang lain.

Dalam upaya menggalang dukungan Internasional,BDFI menggandeng dan didukung penuh oleh IPMDL yang bermarkas di Filipina.

BDFI ini  akan menggelar Borneo Economic Forum, di Kinibalu, Malaysia Timur,  pada Mei 2018 mendatang.

“Dayak Borneo Economic Forum sendiri dimotori oleh kaum muda Dayak, guna bisa saling memperkenalkan pemuda Dayak pelaku ekonomi, sehingga mereka saling “berinteraksi” antara satu dengan yang lain,”ujar Lumbis.

“Dalam ajang ini, diharap para enterpreneurship Dayak, bisa saling mengenal dan bisa menjalin bisnis yang mumpuni. Ayo kita manfaatkan fakta bahwa Borneo itu sendiri sudah dibagi menjadi beberapa negara, dan ini sungguh sebuah peluang relasi bisnis internasional,” ujar Lumbis, salah satu pembicara/narasumber pada pertemuan BDF International, di Likas Squere, Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, dengan tema Multi Stakeholder Coonsultation on CSO Development.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's Choice