Loading...
English EN Indonesian ID
Borneo Bliss

MISI CINTA JOKOWI 2 (Bagian 4)—Bidadari Widodari di Malam Midodareni

Oleh : Julius Boy Bidayuh —

Para relawan Misi Cinta Jokowi 2 juga terlibat dalam acara Midodareni  yang dilakukan di kediaman pribadi Presiden Jokowi, jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo,  Selasa malam dimulai pukul 19.00.

Midodareni  merupakan salah satu rangkaian prosesi adat pernikahan yang berasal dari daerah Jawa. Berasal dari kata Widodari yang berarti bidadari, yaitu putri dari surga yang sangat cantik dan harum aromanya.

Masyarakat Jawa tradisional percaya bahwa pada malam tersebut, para bidadari dari khayangan akan turun ke bum,i dan bertandang ke kediaman calon pengantin wanita. Tujuannya untuk mempercantik calon pengantin wanita.

Midodareni dilakukan pada malam hari setelah acara siraman. Pengantin wanita
akan tinggal dikamarnya mulai  pukul 6 sore sampai tengah malam, ditemani para kerabatnya yang perempuan. Mereka berbincang-bincang, memberikan nasihat kepada pengantin wanita.

“Saat acara midodareni berlangsung, pengantin wanita mengenakan busana polos. Artinya dilarang mengenakan perhiasan apapun kecuali cincin kawin.  Saat malam Midodareni inilah, baru dapat dikatakan pengantin, dan sebelumnya disebut calon pengantin,” ujar Sulistiyanto, Panitia lokal, relawan DPW Jpkp Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's Choice