Hadiah Natal & Tahun Baru Ketiga di Ibukota untuk GKE

Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) DKI Jakarta, berlangsung penuh suka cita di Auditorium Manggala Wanabakti,12 Januari 2020.

VIDEO: Watch Event Highlights!

“Ini tahun ke-3, GKE menggelar acara Natal dan Tahun Baru di gedung Manggalaa Wanabakti ini,” ujar Sinthani D Djandam, Ketua Panitia acara, saat diwawancarai Dayakdreams.com.

Siapa sangka, di tahun ketiga perayaan Natal dan Tahun Baru di gedung milik Kementrian Kehutanan itu, salah satu jemaat GKE, DR Alue Dohong, didaulat Presiden Jokowi, menjadi Wakil Menteri Kehutanan & Lingkungan Hidup.

VIDEO: Meet DR Alue Dohong

VIDEO: Wanita Dayak Bermental Pemimpin

Shinta Djandam, wanita Dayak asal Kalimantan Tengah yang sukses berkiprah di Jakarta. Selain Sintha Djandam, tampak hadir para tokoh Dayak Kalteng lain yang juga bernaung di GKE, seperti DR Alue Dohong, Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, DR A Teras Narang SH (Ketua Komite I DPD RI), DR.Ir Willy M Yoseph MM( Anggota DPR RI), Ary Egahni Ben Bahat (Anggota DPR RI), Brigjen (Purn) Victor Phaing, Ir Noesa Toendan, Hambit Maseh SH (Notaris) dan lainnya.

Taman Hutan Manggala Wanabakti

Manggala Wanabakti, tempat langganan GKE merayakan Natal dan Tahun Baru sejak 2018, adalah Gedung Pusat Kehutanan di Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, yang diresmikan oleh Presiden ke-2 RI, Jenderal Purn Soeharto, pada 23 Agustus 1983.

Adalah Menteri Kehutanan Soedjarwo yang memprakarsai pembangunan kompleks gedung di atas tanah seluas 12 hektar itu. Gedung yang dikelilingi taman hutan serta taman parkir teduh yang dapat menampung 600 kendaraan. Juga tersedia dua landasan pesawat helikopter di tepi danau buatan dan di atas gedung Blok-4.

Sekitar 2.000 jenis pohon telah ditanam dan tumbuh subur di sana, meliputi tanaman komersial tanaman pelindung, tanaman hias dan pohon-pohon langka. Taman ini sering dijadikan obyek studi, hutan wisata dan sebagai tempat bermukim satwa liar terutama berbagai jenis burung.

Siapa sangka, ternyata Tuhan mengantarkan salah satu jemaat GKE, DR Alue Dohong, untuk menjadi Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) periode 2019-2024.

Ajang Silaturahmi Hasupa-Hasunda

Jemaat GKE memenuhi Auditorium gedung untuk bersama-sama merayakan kelahiran Tuhan Yesus Kristus, dan tahun baru 2020, yang mengusung tema Natal yang disepakati Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), berdasarkan Injil Yohanes 15: 14-15 Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang. Selain itu juga mengusung Sub Tema bertajuk GKE untuk Indonesia.

“Puji syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus, ibadah dan perayaan Natal GKE DKI Jakarta yang ketiga kali, sejak GKE DKI Jakarta berdiri secara definitif pada Maret 2017 yang lalu. Sebelum menjadi GKE DKI Jakarta, hampir setiap tahun pelayanan warga GKE Jakarta Raya menggelar acara Perayaan Natal dan Tahu Baru di bulan Januari. Sebagai ajang silaturahmi (hasupa-hasunda atau panalu-ipasungu), di antara warga Kalimantan. Tak hanya yang berasal dari GKE, tapi juga dari gereja-geraja lainnya,” ujar Shinta Djandam dalam sambutannya.

Ibadah Perayaan Natal malam itu dibuka dengan persembahan pujian Tole Endehon dan Glorious is Thy King oleh paduan suara Gregorious Magus pimpinan Drg Kusumastuty, dari kelompok kor Gereja Katolik, Paroki Asisi, Tebet, Jakarta Selatan.

Usai ibadah yang sarat dengan seni budaya suku Dayak Kalimantan itu,Ketua Panitia Pembangunan Gereja GKE DIKI Jakarta, DR Ir Willy M Joseph juga mempresentasikan perkembangan pembangunan Gereja GKE di jalan Dewi Sartika, Cawang Jakarta Timur.

Wamen KLH DR Alue Dohong, juga tampil memberikan kata sambutannya, tentang persahabatan insan manusia dengan alam sekitarnya. (See above video interview with Wamen Alue Dohong)

Sebelum dipercaya Presiden Jokowi untuk menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) membantu Menteri Siti Nurbaya Bakar, Alue Dohong merupakan Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang menjabat sejak 2016.

Alue Dohong juga dosen di Universitas Palangka Raya bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.  Sebelum berkiprah di BRG, Alue mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. <<

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *