Tetap Bugar dan Menawan di Usia 78

Tetap sehat dan tampil menawan hingga tua, siapa yang tidak mau? Salah satu wanita yang beruntung tetap bisa feel good, look good itu adalah Maria Nguyen Kim Dung. Ia tetap bugar dan menawan di usianya kini, 78 tahun. Apa rahasianya?

Ibu Kim, begitu ia biasa disapa. Setiap Minggu ia beribadah di gereja Anak Domba, Paroki St Yohanes Maria Vianney, Cilangkap, Jakarta Timur. Tidak bisa dibilang dekat juga jarak gereja dari rumahnya di Cibubur. Ia juga aktif dalam aktivitas Lansia dan berbagai kegiatan di komunitas Paroki ini. Termasuk Minggu 12/11 lalu, ia berada di bangku baris terdepan, dalam Talkshow bertema “Sudah Bebaskah Makanan Anda dari Zat Berbahaya?” yang diselenggarakan Paroki Cilangkap dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS).

“Dulu selalu gereja bersama suami Mas Kris 38 tahun menderita gagal ginjal. Bisa bertahan lama, hingga dipanggil kembali kerumah Bapa, 4,5 tahun lalu,” ujar Ibu Kim, istri dari aktor Kris Biantoro (Alm).

Tak ada rona sedih di wajahnya. Yang ada senyum lebar, memperlihatkan gigi-giginya yang masih berderet rapi.

“Gigi saya masih utuh semuanya,”ujar Kim, saat dipuji memiliki gigi yang rapi dan bersih.

Tak pernah absen beribadah ke gereja setiap hari Minggu dan hari-hari besar Katolik, sudah dilakukan Ibu Kim sejak ia menikah dengan Kris Biantoro tahun 1966. Hingga di tahun-tahun terakhir saat sang Suami menderita gagal ginjal, pasangan ini tetap setia beribadah, meski saat itu Kris Biantoro harus duduk di kursi roda.

“Tidak ada pantangan soal makanan. Makan nasi secukupnya, sedikit daging, dan banyak makan sayur dan buah tentunya,” Ibu Kim menyebut kiatnya tetap sehat dan bugar hingga kini.

Sayur mayur ia dapatkan dari kebunnya sendiri. Ada pakcoi, bayam, selada dan banyak lagi yang ia tanam secara hidroponik.

“Berkebun itu menyenangkan, membuat pikiran segar, sesegar kita melihat tanaman bertumbuh dari hari ke hari. Saya tak perlu beli untuk sayur-sayuran, bahkan berlebih saat panen, saya bisa berbagi dengan tetangga,” ujar Kim, ibu dari Invianto dan Ceaasefiarto Subiantoro ini

Pikiran tenang, ikhlas berbagi, mengonsumsi makanan segar, tetap bersosialisasi dan mengisi jiwa dengan kegiatan rohani. Itulah kunci how to feel good, look good yang diterapkan Maria Kim.

Dengan senang hati, Ibu Kim pun membagikan fotonya bersama putranya, Arto Subiantoro.

“The photo was taken on the 17 of August 2017. Back ground is Jeep ( Russian Gaz) 1962 original and still working until now. Its belong to my husband (alm Kris Biantoro). The Gazz Jeep has a special nama KEBO Hijau, very famous Jeen and had been taking us to Jawa and Bali,” tulis Ibu Kim dalam whatsappnya kepada Dayakdreams.com.

One Reply to “Tetap Bugar dan Menawan di Usia 78”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *