You Are What You Eat

Oleh Christina S. LomonLyons —

Romo Rochadi

Apa yang kita makan, itu akan membentuk diri kita. Hal itu yang diungkap Pastor Thomas Aquino Rohadi, saat membuka acara Talkshow dalam rangkaian acara memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) di Gereja Anak Domba, Paroki Cilangkap, Jakarta Timur. “You are what you eat,” katanya.

Talkshow yang menghadirkan pembicara DR Dr. Leane Suniar, seorang ahli nutrisi ini dihadiri lebih dari 300 umat yang memadati aula gereja. Dipandu moderator Arto Subiantoro.

DR Dr. Leane Suniar, pembicara dalam talkshow dengan tema Sudah amankah makanan yang kita konsumsi?

“Sepanjang sejarah berdirinya Paroki Cilangkap, ini baru pertama kali peringatan HPS dirayakan di luar pakem (out of the box), berlangsung begitu meriah dan dihadiri umat dengan antusias,” ujar Johanes Basuki, salah satu panitia penyelenggara HPS Paroki Cilangkap.

Perayaan HPS di Paroki ini, dirayakan secara meriah dengan digelar Misa Inkulturasi Banyumasan pada 22/10 lalu. Berlanjut kemudian dengan menggelar Sarasehan/talkshow tentang kesehatan pada 12/11.

“Selain itu, juga digelar Aksi Peduli dan Berbagi melalui pengumpulan dana/sumbangan dari umat untuk sesama yang berkekurangan dan harus diperhatikan,” ungkap Basuki.

Pria yang hobi berkebun ini menghungkap rasa gembiranya melihat antusias umat merayakan HPS, termasuk menghadiri sarasehan.

“Tema yang diangkat cukup aktual dan relevan, karena berkaitan dengan kesehatan pangan yang biasa kita konsumsi. Artinya kesadaran akan kesehatan umat meningkat. Apalagi Pembicara adalah ahli di bidangnya yaitu Dr dr Leane ahli nutrisi/gizi,” katanya lagi.

Acara sarasehan juga dikemas secara apik dan tidak membosankan. Di setiap sesi, diselipi pembagian doorprize. Hadiah-hadiah sengaja dikaitkan dengan budidaya tanaman pangan perkotaan (urban farming), agar umat mau menanam, memelihara/merawat bibit-bibit tanaman yang diberikan seperti aneka cabai, bibit tanaman gedi untuk campuran bubur Manado, teh telang untuk kesehatan atau pewarna alami.

Ada pula door prize yang mengarah ke peningkatan spiritualitas umat seperti Buku Renungan Harian, Buku Puji Syukur dan Kitab Suci dan hiasan dinding wajah St Vianney, pelindung Paroki Cilangkap, dimana umat diharapkan dapat meneladan karya kehidupannya, yaitu berkarya mulia, melayani, mengampuni, hidup sederhana dan matiraga demi kemulian-Nya.

Selain itu banyak sponsor menyumbangkan door prize seperti peralatan rumah tangga, juga voucher makan sehat di Salam Resti & Cafe.

“Harapan Panitia ke depan adalah munculnya kesadaran konkrit umat untuk kesehatan pangan bagi keluarga. Termasuk makanan yang akan dikirimkan keada pastor/gembala kita, serta muncul dan terbentuknya komunitas yang peduli akan tanaman sehat yang dapat dibudidayakan di seputar rumah secara urban farming,” ujar JB Basuki.

Tiupan Saksofon dari Lucy Chen, membuka acara Talkshow di Gereja Anak Domba
Umat Paroki St Yohanes Maria Vianney, Cilangkap, Jakarta Timur antusias mengikuti Talkshow
MC Vica Avianti, JB Basuki dan Agustina Lucia Windiarti, panitia penyelenggara Talkshow HPS
Orang Muda Katolik (OMK) Gereja Anak Domba,
Ini Anastasia, SE, OMK aktif dan cerdas
Mrs Maria Kim dan Christina LomonLyons
Umat Katolik Paroki St Yohanes Maria Vianney yang menjadi Panitia Talkshow dalam rangka merayakan Hari Pangan Sedunia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *