Dayak Perkkasa Dalam Parade Budaya Kampus Indonesia Mini

Indonesia kaya akan budaya, itu sudah pasti. Kampus yang kaya akan budaya, UKSW jawabannya.

Kampus Indonesia mini, salah satu julukan yang melekat pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Meski letaknya tidak di kota besar, kampus ini kaya akan keberagaman budaya. Ribuan mahasiswanya berasal dari beragam suku dan daerah, demikian juga dengan tenaga dosen dan pegawai-pegawainya.

Karena itulah jangan kaget, kalau jalan-jalan di kampus UKSW, kita bisa menjumpai mahasiswa dari Medan, Papua, Pontianak, Palangkaraya, Palembang, Manado, dan daerah lainnya.

UKSW memiliki agenda tahunan untuk merayakan keberagaman budaya yang dimilikinya, gelaran perayaan ini diberi nama Indonesian International Culture Festival atau biasa disebut IICF.

Banyak kegiatan yang bisa dinikmati dalam IICF ini, Pawai Budaya keliling kota Salatiga salah satunya. Acara yang menjadi pembuka dari sejumlah rangkaian kegiatan setiap tahunnya ini, menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat Salatiga dan sekitarnya. Tak heran warga tumpah ruah dijalan-jalan dan rela berpanas-panasan untuk menyaksikan kegiatan ini.

Photo by Perkkasa, mahasiswa UKSW asal Kalimantan

Barisan mahasiswa dalam balutan berbagai pakaian khas dari daerahnya masing-masing, ditambah dengan atraksi tari-tarian menambah kesemarakan pawai budaya. Salah satunya mahasiswa dari Perhimpunan Keluarga Kalimantan Salatiga yang disingkat Perkkasa, dengan berbalut busana Dayak Kalimantan.

Selain pawai budaya, ada juga sajian Kuliner Etnis dalam kegiatan IICF ini, rasanya kita seperti sedang berkeliling Indonesia ketika mengunjungi dan mencicipi makanan dari masing-masing stand daerah yang ada. Agenda tahunan untuk merayakan keberagaman budaya dalam IICF UKSW memang selalu dinanti.

Photo by Uksw.Edu

“Bagi mahasiswa dari luar daerah, bisa jadi acara ini menjadi penawar rasa rindu akan kampung halaman, dan buat mahasiswa lainnya atau masyarakat Salatiga, acara ini bisa menjadi hiburan dan sarana untuk mengenal budaya daerah lainnya”, ujar Willy, dari Dayak Perkkasa – Mahasiswa UKSW Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *