Outing siswa Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Marsudirini 78

Oleh : Zefanya —

Dalam rangka puncak tema kurikulum 2013 tentang Gejala Alam, para guru dan siswa Kelompok Bermain / TK Fransiskus Xaverius Marsudirini 78 Salatiga melakukan kegiatan outing ke pegunungan di daerah Ketep Pass.

Ketep Pass berada di wilayah Kabupaten Magelang, merupakan suatu obyek wisata alam tentang pegunungan, khususnya Gunung Merapi.

Terdapat bermacam-macam fasilitas yang ada di Ketep Pass ini, diantaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Pelataran Pancaarga. Dimana kita dapat melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, dan masih banyak lagi obyek pemandangan-pemandangan lainnya.

Sekitar 83 siswa beserta orang tua yang tergabung dalam paguyuban kelas diajak berkeliling di area museum. Siswa-siswi pun takjub melihat replika gunung, sisa-sisa bebatuan akibat lahar panas, serta foto-foto bersejarah saat letusan gunung berapi.

                       “Wedhus gembel itu apa Bu ? Yang merah-merah keluar dari gunung itu apa ?                                                         Hiii, medeni yo (menakutkan ya), aku takut, kamu takut ndak ?”celoteh anak-anak bersahutan.

Semua pertanyaan itu dijawab dengan sabar oleh para guru dan tour guide pihak Museum.

Siswa juga diajak menonton film tentang kejadian letusan Gunung Merapi, suara keras letusan ditambah gelapnya suasana bioskop, berhasil membuat anak-anak menjerit ketakutan dan tidak sedikit yang menangis.

Namun para guru dan orang tua yang sudah memperkirakan hal ini, dengan sigap dan tenang menghibur anak-anak.

Terakhir, anak-anal diberi kesempatan meneropong 5 gunung yang tampak jelas dan indah di pelataran Pancaarga.

Rasa lelah tak terasa dibandingkan keseruan naik bus bersama dengan teman-teman, dan berkesempatan untuk belajar tentang gejala alam secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *