Ada Dayak di Devosi Santa Maria, Bunda Segala Suku

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) akan menyelenggarakan Devosi St Mary, Mother of All Tribes, pada tanggal 11 Mei-19 Mei di Jakarta, dengan tema “Kita Bhineka, Kita Indonesia”, di Plaza Bapindo, Jakarta Pusat.

Selama 9 hari, akan ada 9 suku yang mewakili ratusan suku di Indonesia, menampilkan kesenian dan kegiatan spiritual Katolik.

“Kami mendapat undangan dari KAJ, sebenarnya undangan tersebut ditujukan ke FDKJ (Forum Dayak Kalbar Jakarta). Tapi karena di FDKJ, tidak hanya anggota Dayak Katolik, tapi juga agama lain, lebih tepat untuk mewakili K3BJ untuk tampil. dalam acara nanti, “kata Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Tommy Sagiman, Ketua FDKJ dan K3BJ (Keluarga Katolik Kalimantan Barat Jakarta), Sabtu 3 Maret 2018.

 

Selain Dayak, akan meramaikan rombongan spiritual, antara lain suku Kawanua (Sulawesi Utara), Toraja, Tionghoa, Papua, Flores, Jawa, Batak dan Betawi.

“Kami berharap warga Dayak Katolik yang berada di Jakarta dan sekitarnya untuk memeriahkan pesta spiritual ini. Apalagi murid muda dan pelajar Dayak kami,” kata Tommy Sagiman lagi.

Mahasiswa / wi asal Dayak di Jakarta, cukup banyak yang terlibat dalam organisasi PMKRI (Persatuan Mahasiswa Katolik RI). Bahkan, seorang wanita Dayak yang mumpuni, Lidya Natalia Sartono, adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat (PP) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) 2013 sampai 2015.

“Ini kontribusi kita untuk nasional, gereja di Jakarta,” ujar Tomy lagi.

Dalam acara itu nanti, salah satu pengurus K3BJ, Ibu Yenvi, seorang pengusaha sukses, akan menyumbang lukisan Bunda Maria untuk dilelang.

“Hasilnya akan menjadi kas K3BJ, untuk berbagai bakti sosial di Kalimantan Barat ,”ujar Bu Yenvi, wanita keturunan Tionghoa, Kalimantan Barat yang sejak lama sukses berbisnis di Jakarta.

Acara akan dimulai pukul 16.00 sore. Semua anggota K3BJ akan hadir dengan berbalut pakaian atau atribut khas Dayak.

Dalam acara tersebut, akan muncul karakter K3BJ, Michael Oendoen yang akan mempresentasikan subjek dengan tema Katolisitas di Suku Dayak.

2 Replies to “Ada Dayak di Devosi Santa Maria, Bunda Segala Suku

  1. Selamat siang sdra/i-kuKomunitas Dayak. Barangkali ada yang bekenan membantu mengirimkan ke saya doa “Salam Maria” terjemahan “Bahasa Dayak” untuk keperluan dalam acara Pembukaan Bulan Maria di Paroki kami. Trims.Stefanus, WA:0812-1861129

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *