Apakah Dayak Satu Leluhur dengan Indian Amerika ?

Berasal dari Amerika dan tinggal di Indonesia hampir 3 tahun ini, kian jelas bagi saya bahwa penduduk asli Amerika memiliki banyak kesamaan dengan penduduk asli Kalimantan. Fakta ini menjadi lebih jelas bagi saya , setelah kunjungan saya ke Tumbang Anoi di Kalimantan Tengah Juli 2019. Dayakdreams.com mengambil banyak foto dan video dari acara tersebut.

Saya tertarik dengan kesamaan tersebut, sehingga saya mencari di internet untuk menemukan acara serupa yang dirayakan oleh orang Indian Amerika. Ada kejadian seperti itu, mereka menyebutnya powwow. Powow adalah pertemuan untuk diskusi, biasanya antara teman dan kolega. Beberapa bersifat pribadi, dan beberapa bersifat publik. Hari itu, powwow menjadi ajang bagi penduduk asli Amerika untuk bertemu, menari, menyanyi, bersosialisasi, dan menghormati leluhur mereka.


Ini adalah video pendek tentang powwow. Perhatikan bagaimana kelompok bergerak dalam arah melingkar di sekitar penari.

Setiap tiga tahun, orang Dayak dari seluruh Kalimantan berkumpul di Tumbang Anoi untuk menari, bernyanyi, bersosialisasi, dan menghormati pertemuan 1894 leluhur mereka. Ini adalah powwow gaya Dayak. Ini adalah satu fakta lagi untuk ditambahkan ke kolom kesamaan dengan penduduk asli Amerika. Kesamaan itu adalah; kebanggaan leluhur dan preferensi untuk perdamaian antara para pejuang yang ganas, dan ditakuti oleh musuh Anda. Orang Dayak memiliki ikatan spiritual dengan burung Enggang, dan menggunakan bulu mereka secara seremonial, dan menirunya dalam tarian. Penduduk asli Amerika melakukan hal yang sama dengan burung Elang Amerika.


Orang Dayak juga menari dalam arah melingkar, meskipun berlawanan arah

Penduduk asli Amerika dan Dayak, menghormati tanah. Mereka tidak mengambil banyak dari tanah untuk kebutuhan hidup. Kostum tradisional Dayak dan Indian juga memiliki kesamaan. Namun, kesamaan yang paling penting adalah tanah Anda telah diambil dari Anda, dan disalahgunakan untuk keuntungan pihak lain maupun pribadi.

Apakah ini berarti penduduk asli Amerika adalah keturunan orang Dayak? Jawaban singkatnya adalah tidak. Tetapi ada bukti konklusif bahwa Dayak dan penduduk asli Amerika keduanya berasal dari sumber yang sama. Lagipula itu tidak relevan. Ibaratnya, orang Eropa Utara tidak terlihat seperti orang-orang Eropa awal. Penduduk asli Amerika tidak seperti yang ada di era awal migrasi. Kita semua telah beradaptasi dengan lingkungan kita.

Selain itu, Anda dapat menemukan lebih banyak perbedaan daripada kesamaan antara orang Dayak dan penduduk asli Amerika. Perbedaan terbesar dan paling mencolok adalah kondisi terkini dari budaya Anda masing-masing. Itu akan saya bahas di artikel lain. (tautan untuk datang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *