Dayak Petarung di Parlemen (1) Lasarus, Sang Bintang dari Timur Kalbar

Anggota DPR dan DPD RI terpilih periode 2019-2024, dilantik atau diambil sumpah janjinya pada 1 Oktober 2019. Dari 575 anggota DPR RI, 51 persennya merupakan anggota baru. Sementara dari 136 anggota DPD RI, beberapa diantaranya juga wajah baru.

Daftar lengkap : Baca DPR & DPD RI Members 2019-2024 from Kalimantan

Untuk Kalimantan, ada 40 orang wakil rakyat di DPR,  dan 20 orang senator di DPD RI. Beberapa di antara mereka, adalah petahana dari suku bangsa Dayak Barat, yaitu Lasarus, Katherine Oendoen, dan senator Maria Goreti dan Marthin Billa dari Kaltara.

Kita mulai dari Lasarus, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan. Ia memulai karirnya di dunia politik dengan menjadi anggota DPRD Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, pada 2004-2009. Cukup satu periode sebagai wakil rakyat tingkat kabupaten, dengan penuh percaya diri, ia mendapat nomor urut 3 saat pemilu legislatif DPR RI 2009 -2014 dari PDI Perjuangan.

Pengalaman selama menjadi anggota DPRD cukup memberinya kekuatan. Apalagi, hubungannya dengan konstituen atau masyarakat di Kalimantan Barat sangat baik. Sehingga Lasarus yakin kalau bisa mengambil satu dari 10 jatah kursi DPR RI dari dapil Kalimantan Barat.

Aku datang entah dari mana

“Saat pemilu digelar, hasilnya bisa memutarbalikan semua prediksi. Semua keraguan bisa terjawab. Saya yang berasal dari antah berantah kalau dilihat dari latar belakang politik , ekonomi, pengalaman dan faktor senioritas, ternyata berhasil mengalahkan para politisi incumbent. Bahkan saya meraih posisi nomor tiga peraih suara terbanyak di Kalimantan Barat dengan raihan suara mencapai 87 .000 suara. Dari hasil ini, saya berhak mendapat satu jatah kursi dari Kalimantan Barat untuk DPR RI,” ungkap Lasarus seperti dilansir media Online Biro Banten, setahun lalu.

Maka, dari kota Sintang di timur Kalimantan Barat, Lasarus langsung terbang ke DPR RI, berkantor di Senayan, Jakarta. Manuver Lasarus terus melaju. Ia terpilih kembali dalam Pileg 2014-2019, dan kembali dilantik untuk ketiga kalinya sebagai legislator DPR RI 2019-2024, pada 1 Oktober 2019. Dengan pengalaman 10 tahun menjadi legislator, Lasarus juga dipilih menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, menggantikan Cornelis.

Nama Lasarus memiliki makna yang dalam

Nama Lazarus berasal dari bahasa Ibrani: Eleazar, artinya “Allah (telah) menolong”. Santo Lazarus dari Betania, dua mil dari Yerusalem. Dan Eleazar bin Harun adalah Imam Besar pertama yang melangkahkan kaki ke tanah Kanaan. Nama Lazarus juga menceritakan hubungan (dalam kehidupan dan dalam kematian) antara seorang kaya dan seorang pengemis bernama Lazarus.

Lasarus, Dayak petarung yang berangkat dari kehidupan serba sederhana di desa Pauh, Sintang, ujung timur Kalimantan Barat. Mewakili rakyat, menyampaikan aspirasi, berjuang untuk kepentingan rakyat semata. Suku Dayak khususnya, yang sedang bersiap diri agar tak hanya menjadi penonton di pulaunya sendiri.  Selamat melanjutkan perjuangan, bung Lasarus !  <<

Baca bagian 2 : Katherine, Srikandi Dayak yang Pantang Suara Hilang
Baca bagian 3 : Maria Goreti Bermodal Kunci Kejujuran

Daftar lengkap : Baca DPR & DPD RI Members 2019-2024 from Kalimantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *