Dayak Petarung di Parlemen (2) Katherine, Srikandi Dayak yang Pantang Suara Hilang

Katherine Angela Oendoen, wanita berdarah Dayak dari ayahnya, Victor Oendoen, tokoh Dayak Kalimantan Barat dari Nyarongkop. Ibunya, bermarga Tewu, dari Kawanua, Sulawesi Utara. Katherine tergerak mendaftar ketika Partai Gerindra membuka lowongan bagi calon legislatif pada pemilu 2014. Katherine pun mendapat nomor urut paling buntut, nomor 8 caleg Partai Gerindra Dapil Kalimantan Barat saat itu.

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, tentu dengan modal logistik yang memadai, Katherine berhasil mengumpulkan suara terbanyak di partainya pada Pemilu 2014 itu. Bahkan Katherine mengalahkan nama-nama populer di partainya, seperti Hasan Karman, yang sebelumnya pernah menjadi Walikota Singkawang, Kalber.

Daftar lengkap : Baca DPR & DPD RI Members 2019-2024 from Kalimantan

Dan pada Pileg 2019, Katherine menjadi calon nomor 1 di partai Gerindra, dapil Kalimantan Barat 1.  Ia sempat dinyatakan kalah suara dari Ir H Yusid Toyib M.Eng.SC, calon nomor urut 2 yang disebut meraih 36.030 suara, menang tipis atas petahana Katherina A Oendoen yang meraih 35.242 suara.

Katherine tak tinggal diam. Ia mengajukan gugatan ke pengadilan.

“Suara yang hilang, harus diperjuangkan. Jujur ini pengalaman yang sangat berat,” ujar Katherine kepada Dayakdreams.com.

Namun berkat kerja keras dan niat yang tulus, Katherine berhasil membuktikan jika ia berhak melaju untuk kedua kalinya di DPR RI. Gugatan Katherine bersama rekannya dari partai Gerindra , artis Mulan Jameela dan 7 Caleg Gerindra lainnya dikabulkan hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selamat berjuang Kak Katherine. Bumi Kalimantan menitip banyak tugas di pundakmu, Srikandi Dayakku.

Baca bagian 1 : Lasarus , Sang Bintang dari Timur Kalbar

Baca bagian 3 : Maria Goreti Bermodal Kunci Kejujuran

Daftar lengkap : Baca DPR & DPD RI Members 2019-2024 from Kalimantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *