Naik Dango, Upacara Adat Dayak Kanayatn

Upacara adat naik dango ke 33 dilaksanakan pada 27 – 29 April 2018 di Rumah Adat Dayak Lingga, yang berada di Jalan Trans Kalimantan kilometer 30 Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Kegiatan yang diadakan setiap tahun sekali, dihadiri ratusan masyarakat ini merupakan salah satu upacara ritual adat Dayak Kanayatn, salah satu sub suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat.

“Naik Dango merupakan tradisi yang digelar masyarakat Dayak Kanayatn sebagai ungkapan rasa syukur kepada Jubata atau Tuhan yang telah memberikan berkat atas hasil panen padi yang berlimpah,” ujar Agustinus, tokoh pemuda Dayak Kanayatn.

Bagi masyarakat Dayak, padi dipercaya memiliki semangat dan roh, padi memberikan penghidupan bagi manusia. Oleh sebab itu, mulai dari menanam, memanen hingga menyimpan padi diatur sedemikian rupa menggunakan ritual adat yang disebut Naik Dango.

Acara naik dango ini diikuti masyarakat Dayak Kanayatn dari 25 Kecamatan yang berasal dari Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya. Berbagai pertunjukan budaya ditampilkan seperti  menari, menyanyi lagu daerah, berkondan, serta permainan olahraga tradisional seperti menyumpit, pangkak gasing, dan silat.

SHARE THIS PAGE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *