Setelah Terang, Kini Lasarus Pimpin Komisi di DPR RI

Jakarta, Dayakdreams.com— Putra-putra Dayak unjuk gigi dalam pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan DPD dan DPR RI. Lasarus, putra Dayak Kalimantan Barat, dipilih menjadi Ketua Komisi V DPR RI pada 30/10. Sebelumnya, Agustin Teras Narang, putra Dayak Kalimantan Tengah, dipilih sebagai Ketua Komite I DPD RI periode 2019-2024.

Lasarus, s.sos

Salah satu putra Dayak terbaik asal Kalimantan Barat, Lasarus mendapat kepercayaan memimpin Komisi V DPR RI periode 2019-2024. Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan asal Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat itu, menduduki jabatan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang berlangsung di Senayan Jakarta, Senin 29/10/2019.

Periode sebelumnya, pria bersahaja yang tiga kali terpilih menjadi legislator Dapil Kalbar ini, menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN), Willy Midel Yoseph , menyatakan dengan dipilihnya Lasarus menjadi pimpinan Komisi V DPR RI membuktikan bahwa putra Dayak terus menunjukkan kontribusi luar biasa bagi NKRI. Demikian pula dengan Komite I DPD RI yang dipercayakan kepemimpinannya pada Agustin Teras Narang.

Willy Midel Yoseph

“Fakta ini membuktikan bahwa Dayak bukan suku terbelakang. Karena jika diberi kesempatan yang sama dengan saudara dari suku lain, kami mampu untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab,” tegas Willy, anggota DPR RI dapil Kalimantan Tengah, komisi VII yang membidangi Energi, Riset dan Teknologi, serta Lingkungan Hidup.

“Selamat dan sukses pak Lasarus, mari kita berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara,Tuhan memberkati kita semua,”ucap Willy mengapresiasi prestasi Lasarus yang juga Bendahara ICDN.

Komisi V DPR RI mempunyai ruang lingkup tugas di bidang Infrastruktur dan Perhubungan. Pasangan kerja Komisi V ini adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional,Badan Penanggulangann Lumpur Sidoarjo (BPLS), Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (PWS), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Bidang Pembangunan Daerah Tertringgal dan Transmigrasi).

Terpilihnya Lasarus, alumni SD Paoh Benua,Sepauk, kabupaten Sintang itu sebagai Ketua Komi V DPR RI, mendapat apresiasi Sekjen Forum Dayak Kalbar Jakarta (FDKJ) Lawadi Nusah.

Lawadi Nusah

“Selamat dan sukses Pak Lasarus yang terpilih sebagai Ketua Komisi V DPR RI periode 2019-2024, kami putra Dayak Kalbarbangga denganmu. Semogasemakin memotivasi kami untuk senantiasa berkontribusi yang terbaik untuk Indonesia,”ujar Lawadi yang siap maju dalam Pilkada Bengkayang.

Terang Dulu Ketua Komisi II

Sementara Teras Narang dipilih sebagai Ketua Komite I DPD RI dalam pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI di Jakarta, Selasa (8/10/19). Terang (Teras Narang) didampingi wakil ketua, Fachrul Razi, Djafar Alkatiri, dan Abdul Kholik.

Teras Narang

Komite I DPD RI berkaitan dengan bidang otonomi daerah, hubungan pemerintah pusat dan daerah, serta pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah otonomi baru.

Lingkup tugas Komite I DPD RI dilakukan dengan memperhatikan urusan daerah dan masyarakat, yakni pemerintah daerah; hubungan pusat dan daerah serta antar daerah; pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah; pemukiman dan kependudukan; pertanahan dan tata ruang; politik, hukum HAM dan ketertiban umum; dan permasalahan daerah di wilayah perbatasan negara.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

Bidang tugas Komite I DPR RI ini tidak asing bagi Agustin Terang Narang, karena pernah menjadi Gubenur Kalimantan Tengah selama dua periode. Selain itu, Teras Narang juga pernah menjadi Ketua Komisi II DPR RI ketika menjadi anggota DPR RI periode 1999-2004. Ketika itu, bidang tugas Komisi II DPR RI, masih meliputi tugas Komisi II dan Komisi III DPR RI saat ini. Setelah itu, bidang tugas Komisi II dipisah menjadi Komisi II (pemerintahan) dan Komisi III (hukum).

Selamat untuk Senator Teras Narang dan Legislator Lasarus. Teruslah berjuang untuk Kalimantan yang kalian wakili.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *