Irjen Pol Rudy S – Cucu Hudaja Sumarja “Amji Attak Spirit Brimob”

Syukuran ulang tahun ke-74 Brimob Polri di Kelapadua Depok, sekaligus menjadi ajang silaturahmi petinggi Brimob dengan para veteran Ranger/ Pelopor, alumni Sekolah Pendidikan Mobile Brigade (SPMB) Watukosek angkatan 1960-an, dimana Amji Attak pernah ada.

Video: Courageous veterans

“Oh Amji Attak itu dari Singkawang, Pontianak ya,”ujar seorang purnawirawan Brimob, ketika Dayakdreams memperkenalkan diri sebagai penulis kisah Amji Attak The Series.

“Ya..yaa. Amji Attak itu orang Dayak – Melayu,”ujar purnawirawan di sampingnya.

Next: Pertama Kalinya Keluarga Besar Amji Attak Diundang pada HUT Brimob

Sementara, seorang veteran yang lain berkomentar jika salah satu cucu Amji Attak itu kini menjadi Kapolda Jawa Barat.

“Itu dia orangnya, Jenderal Rudy Kapolda di Bandung,”ujarnya.

Maklum saja jika ucapan mereka tak sepenuhnya benar, karena para veteran itu rata-rata sudah berusia lanjut.

Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi yang disebut sebagai cucu Amji Attak itu, tak lain adalah salah satu cucu dari Hudaja Sumarja, Ranger/Pelopor Kepala Kompi 5996. Nama Hudaja Sumarja diabadikan menjadi salah satu aula di Mako Korbrimob Kelapadua. Namanya juga diabadikan sebagai nama Ksatrian Hudaya Sumarya Mako Cikeruh Satbrimob Polda Jawa Barat.

Previous: Ledakan Bom dengan Asap Merah Mengawali HUT Ke-74 Korps Brimob Polri

Hudaya Sumarya adalah bintang yang memimpin pasukan Pelopor dan Brimob yang berhasil menaklukkan Belanda dan mengibarkan bendera Merah Putih di kawasan Rumbati, Irian Barat dalam Operasi Trikora, pada tahun 1962.

Pada masa itu, Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya digempur tentara Belanda dari darat laut dan udara, namun jejak mereka hilang dihapus hujan. Hingga pada akhirnya Hudaya dan anggotanya mampu memberikan perlawanan hingga menewaskan Komandan Kompi tentara Belanda, dan berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di Rumbati, Patiti, Soom, Tawar, dan Salakiti Papua.

Hudaja Sumarja (left) departs for victory in West Irian.

“Nenek saya kakak beradik dengan Aki Hudaya Sumarya. Pak Hudaya Sumarya terakhir berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi, menjadi Kapolres Cimahi. Tentang Amji Attak, ia adalah spirit kami. Amji Attak adalah Spirit Brimob,” tegas Jenderal Rudy Sufahriady pada Dayakdreams.com.

Irjen Rudy S juga besar di Brimob. Ia menjadi Komandan Peleton Brimob Kie 516 Kelapa Dua (1988), Kanit Reserse Brimob Dirserse Polda Metro Jaya (1997), Danyon A Satbrimob Polda Papua (2000), Wakasat Brimob Polda Maluku (2001), Wakasat 1 Gegana Korbrimob Polri (2004), KaDensus 88 Anti-Teror Polda Metro Jaaya (2007), Kapolda Sulawesi Tengah (2016-2018) dan Kepala Korps Brimob Polri Kelapa Dua Depok (2018-2019), dan kini menjadi Kapolda Jawa Barat, kampung halamannya, juga kampung halaman Sang Macan Siliwangi, AKBP Hudaya Sumarya yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung.  <<

Next: Pertama Kalinya Keluarga Besar Amji Attak Diundang pada HUT Brimob

Previous: Ledakan Bom dengan Asap Merah Mengawali HUT Ke-74 Korps Brimob Polri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *