Ledakan Bom dengan Asap Merah Mengawali HUT Ke-74 Korps Brimob Polri

Suara ledakan teramat keras dengan asap merah mengawali upacara dan syukuran HUT ke-74 Korps Brimob Polri, di Mako Korbrimob Kelapadua Depok. Tak pelak, suara mirip dentuman bom pagi itu, cukup mengejutkan undangan yang sudah hadir, menjelang pukul 7 pagi, Kamis 14 November 2019 itu.

Video Highlights

Apalagi, jika dikaitkan dengan serangan teror dan ledakan bom yang belakangan pernah terjadi di Mako Korbrimob ini.

“Ledakan dengan asap merah sebelum upacara HUT Brimob ke 74 ini memang bagian dari upacara dan syukuran. Semacam atraksi, sekaligus tanda pasukan sudah masuk. Ketika asap hilang, pasukan sudah berdiri di lapangan,” ujar Ajun Komisaris Pol. U.S. Huda, Kataud Korbrimob Kelapadua Depok.

Next : Irjen Pol Rudy S, Cucu Hudaya Sumarya : Amji Attak Spirit Brimob

Terbayang akan banyak atraksi taktis khas Brimob seperti terjun payung dan unjuk gigi kemampuan bertarung personel Brimob dalam upacara ini. Namun hingga upacara berakhir, tak ada atraksi tersebut.

“Untuk HUT sekarang ini , memang tidak ditampilkan gerakan taktis, semuanya konsentrasi mengangkat tema Kebudayaan untuk kepentingan nasional,”ujar U.S Huda lagi.

Upacara dipimpin oleh Kapolri Jend.Pol. Idham Azis yang menyampaikan rasa bangganya, jika Brimob senantiasa menjadi pasukan yang paling loyal dan dapat diandalkan oleh Polri, dalam menghadapi ancaman gangguan dalam negeri yang berintensitas tinggi, sejak pra kemerdekaan sampai dengan pasca reformasi hingga saat ini.

“Brimob telah menunjukan eksistensinya, keberhasilan dalam penganan pilpres dan pileg serentak 2019, penanggulangan aksi-aksi terorisme, pengamanan operasi ketupat, aksi unjuk rasa Bawaslu Mei 2019, unjuk rasa isu papua, dan unjuk rasa penolakan berbagai undang undang dengan jumlah massa yang sangat besar beberapa bulan terakhir ini,” ujar Idham Azis dalam pidatonya.

Dalam upacara ini juga diberikan penghargaan kepada tiga tokoh yang telah membantu Brimob dalam menjalankan tugas kenegaraan. Mereka dinobatkan sebagai warga kehormatan Brimob.

Pertama Ketua BPK, Agung Firman Sampurna, dalam memberikan bimbingan dalam pengelolaan anggaran. Kedua Founder Lion Air, yang banyak membantu Brimob dalam operasi kontigensi bencana alam konflik sosial dan sebagainya.

Warga kehormatan ketiga ialah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, yang telah meminjamkan beberapa wilayah hutan untuk daerah latihan di gunung Halimun, Purwakarta, Jawa Barat.

Upacara peringatan HUT Mako Korbrimob ini dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Jend.Pol.(Purn)Tito Karnavian, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

Turut hadir para pejabat Polri, pejabat TNI, mantan Dankor Brimob Polri dari masa ke masa, Mitra Polri dan para Atase Kepolisian Negara sahabat, para Purnawirawan Brimob. Dan tak ketinggalan tentunya, para mantan Ranger dan Pelopor angkatan 60-an, seperti Kombes Pol Purn. Harjanto, AKBP Pol Purn. Soerito, AKBP Pol. Purn Soenaryo dan lainnya. <<

Next : Irjen Pol Rudy S, Cucu Hudaya Sumarya : Amji Attak Spirit Brimob

Also read : Pertama Kalinya Keluarga Besar Amji Attak Diundang pada HUT Brimob

Terima kasih khusus untuk Komisaris Pol. U.S. Huda, Kataud Korbrimob Kelapadua Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *