Pertama Kalinya Keluarga Besar Amji Attak Diundang pada HUT Brimob

Above: Kakor Brimob, Irjen Pol Drs Anang Revandoko bersama keluarga besar Amji Attak yang diundang hadir dalam HUT Brimob ke 74.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Korp Brimob mengundang keluarga besar Amji Attak, hadir pada Upacara dan Syukuran HUT ke-74 di Lapangan Mako Korbrimob, Kelapadua Depok. Demikian pula di Ksatrian Brimob di Jalan Adisucipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

VIDEO: Amji Atak’s extended family invited to HUT Brimob ke-74

Sehari sebelumnya, keluarga Sudarti, keponakan Amji Attak yang bertempat tinggal di Gang Siaga, depan asrama Brimob Sei Raya, dikejutkan dengan sebuah Undangan yang ditujukan kepada Keluarga Besar Amji Attak. Undangan tersebut berasal dari Dansat Brimob Polda Kalbar yang mengundang untuk hadir dalam Upacara Parade HUT Koprs Brimob Polri ke-74 tahun 2019 di lapangan Mako Satbrimob Polda Kalbar.

Aminah, keluuarga Amji Attak mengelus patung Amji Attak di asrama Brimob Sei Raya Kubu Raya Kalbar

“Sayang karena pas hari kerja, jadi tidak banyak undakan yang datang. Acara ulang tahun pun sangat sederhana, tidak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya,”ujar Michael Jumat, menantu dari Sudarti, salah satu dari 41 orang keponakan Amji Attak.

Also read:  Irjen Pol Rudy S – Cucu Hudaja Sumarja “Amji Attak Spirit Brimob”

Sementara keluarga besar Amji Attak di Jakarta, diwakili oleh Deriyana, cucu dari kakak kandung Amji Attak yang bernama Endah Atak. Deriyana, datang bersama beberapa pengurus FDKJ (Forum Dayak Kalbar di Jakarta) seperti Lawadi Spd, Selvie, Abay beserta putri-putri dan lainnya. Mereka hadir dengan berbusana adat Dayak. Lambang tanah kelahiran pahlawan Brimob Amji Attak, pejuang asal Dayak Kenayant, Kalimantan Barat.

Cucu Ami Attak, Deriana dan FDKJ di depan patung Amj Attak dan Taboki di Mako Brimob Kelapa Dua Depok
Para sniper dan provost wanita Korps Brimob Kesatrian Soemarto, Kalbar

Dayakdreams.com juga mendapat undangan dari Kataud Korbrimob, Ajun Komisaris Polisi U.S.Huda yang banyak membantu memberikan informasi tentang narasumber yang bisadiwawancarai, untuk mengulik kisah perjuangan Amji Attak dan kawan-kawannya, Kompi Ranger/Pelopor angkatan 1960-an.

Previous: Ledakan Bom dengan Asap Merah Mengawali HUT Ke-74 Korps Brimob Polri

“Ini memang pertama kalinya Brimob mengundang warga Dayak, mewakili keluarga besar Amji Attak untuk hadir dalam Upacara dan syukuran HUT ke-74 Brimob. Karena keluarga pak Amji Attak ini nun jauh di Kalimantan, jadi diundang hadir di Satbrimob Polda Kalbar. Maknanya sama saja, Upacara dan Syukuran dengan potong tumpeng,”tutur U.S Huda, di ruang kerjanya yang sederhana di Mako Korbrimob Kelapadua, Depok.

Abay,mantan Passpampres era Presiden Soeharto dan kelg Amji Attak pada HUT Brimob di Kelapa Dua

Di samping atas pintu masuk ruang kerjanya, dipajang sebuah figura berisi foto Inspektur dua Amji Attak. Satu-satunya dokumen tentang Amji Attak yang tersisa di Mako Korbrimob. Itu pun hasil cetak ulang foto Amji Attak yang direpro Dayakdreams.com dari keluarga Sudarti, keponakan Amji Attak di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Lawadi, Sekjend FDKJ dan Irjen Pol Carlo Tewu

‘’Pak Amji Attak itu, dikira bukan nama orang. Anggota-anggota Brimob yang baru itu malah berkomentar, lho Amji Attak itu nama orag, lho gimana. Banyak yang menduga Amji Attak itu dikira nama sandi. Ternyata pak Amji Attak itu orang Kalimantan, dari awal sampai akhir dia Brimob tulen,” cerita U.S. Huda.

AKP U.S. Huda turut bersyukur telah dibuat patung prasasti Ipda Pol Amji Attak di Lapangan Mako Satbrimob Kubu Raya, Polda Kalimantan Barat.

Yonathan dan Jhordan, keturunan penerus Amji Attak

“Agar menjadi penghibur hati keluarga besar beliau. Kebanggaan masyarakat Dayak, juga Brimob karena perjuangan heroiknya.Kita berharap, akan banyak muncul Amji Attak berikutnya. Keahliannya yang mumpuni sebagai pendayung dan napak jejak, berasal dari bakat alam yang sulit dipelajari di sekolah biasa. Orang Kalimantan itu ibaratnya sudah ditakdirkan memiliki kemampuan itu dari lahir,”ungkap U.S.Huda.

“Saat HUT Brimob ke-74 yang lalu, kami sempatbertemu langsung dengan Kakor Brimob Bapak Inspektur Jenderal Anang Revandoko. Kami mengucapakn terima kasih pada beliau karena sudah membantu dua cucu Amji Attak, bisa masuk pendidikan Polisi,”ujar Abay, tokoh Dayak, mantan Paspampres era Presiden Soeharto.

Dua cicit dari Amji Attak yang kini sedang menjalankan pendidikan polisi di Pontianak itu adalah Yonathan Aditia, 19 tahun, dan Jhordan Natanael, 20 tahun.

Semoga Yonathan dan Jhordan memiliki tekad dan semangat pantang menyerah seperti sang Ranger, Amji Attak. <<

Previous: Ledakan Bom dengan Asap Merah Mengawali HUT Ke-74 Korps Brimob Polri

Also: Irjen Pol Rudy S – Cucu Hudaja Sumarja “Amji Attak Spirit Brimob”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *